Artikel Tentang Puppy linux

Puppy linux adalah salah satu distro linux live CD yang sangat kecil ukurannya dan mengutamakan kemudahaan dalam penggunaan. Seluruh sistem operasi dan aplikasinya berjalan dalam RAM, yang
membolehkan media booting dilepas setelah sistrm operasi berhasil dijalankan. Puppy menyertakan beberapa aplikasi untuk pekerjaan standar sehari-hari seperti Mozilla SeaMonkey untuk menjelajahi internet dan mengirim email, AbiWord word-processor, Gnumeric spreadsheet, Sodipodi untuk menggambar (vector), mtPaint untuk melukis (bitmap) / meng-edit foto dan Gxine/xine untuk memutar video dan musik. Distro linux ini dikembangkan pertama kali oleh Barry Kauler, distribusi ini tidak berdasar pada distribusi linux manapun.
    
Rilis (resmi/stabil) terbaru distro ini adalah versi 5.3.1 yang dikeluarkan pada 11 Desember 2011.

Sumber : Wikipedia

Kelebihan dan kelemahan nya yaitu:

Puppy Linux salah satu distro dengan kategori paling ringan dan kapasitas kecil, selain ringan dalam pengembangan nya juga di sambut hangat oleh para pengguna user di indonesia.
Bukan hanya itu saja, Puppy Linux juga mempunyai suatu kelebihan yang menurut saya bisa membuat user menjadi terkesan terutama dalam segi efek 3D yang di naungi compiz fusion. Walaupun memang mempunyai kapasitas kecil yang di kompres dalam file *.iso, tetapi Puppy Linux sudah di bekali dengan berbagai aplikasi baik office maupun game. Puppy Linux yang berjalan di RAM, ini lah yang membuat Puppy Linux tidak butuh spesifikasi komputer High End, sekalipun komputer tua pun sudah cukup untuk menjalankan Sistem Operasi Puppy Linux ini, selain keunggulanya yang riang Puppy Linux juga tidak membutuhkan Driver dikarenakan Puppy Linux sudah kompatible.

Selain dari kelebihan puppy linux juga memiliki kelemahan. Yaitu mempunyai tampilan yang sederhana dan Puppy Linux ini masih menggunakan Abi Word yang memungkinkan kurang greget dalam segi pengolahan office.

Bagi kamu yang ingin mencicipi OS Puppy Linux ini bisa di download disini

Berikut Screenshoot nya:

Share on Google Plus

About Arwan Triwidianto

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment