Penyebab Kertas Tidak Mau Turun/Paper Jam Canon MP287

Ada ada saja, iya kenapa mimin bilang ada saja? Penyebab kertas tidak mau turun alias macet atau paper jam memang banyak penyebab nya antara lain patah nya as roda atau tidak berfungsi nya ruler dan penyebab yang terakhir karena tersumbat benda asing atau kotoran kertas yang telah sobek.
Dugaan pertama mimin mengarah kepada as roda yang patah, mimin pun coba buat membongkar bagian belakang nya *maaf mimin lupa foto bagian belakangnya. Setelah mimin cek as roda nya ternyata masih ok dan masih pada posisi yang seharusnya. Dugaan yang kedua mimin mengarah kepada tidak karet penarik kertas nya yang sudah tidak seret lagi, dugaan tersebut salah ternyata karet penarik kertas yang terletak pada roda masih ok.
Mimin pun di buat galau !@#$%^, yang terakhir mimin menduga ada benda asing yang tersangkut atau kotoran kertas, ini tips nya cara mengecek benda atau kotoran kertas yang tersumbat di roller dengan cara memasukan kertas dari arah bawah kemudian putar gear sebelah kiri yang dekat dengan colokan usb port *catatan casing sebelah kiri harus sudah di lepas. Putar berlawanan arah jarum jam sampai kertas nya bisa naik keatas dan mendorong kotoran atau benda asing keluar *mohon maaf mimin lupa mengabadikan nya
Tak disangka sangka penyebab nya hanya sepele mimin menemukan benda asing berupa cincin mainan plastik milik ade mimin yang terjatuh di tempat masuk nya kertas !@#$%^& lega perasaan mimin. Inti nya penyebab printer rusak itu tidak selamanya kronis dan harus ganti ini itu, bisa di sebabkan dari hal sepele. Ini pengalaman mimin sendiri.
Di bawah ini foto pas sudah selesai nya, maaf mimin lupa mengabadikan proses nya :(
Share on Google Plus

About Arwan Triwidianto

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. terimakasih gan, setelah saya praktekin, saya nemu uang koin di tempat masukan kertas, hahahaaa... daan sekarang dah bs ngeprint lagi

    ReplyDelete