Cara Mengecek Power Supply Hidup atau Mati (TANPA PC)



Hardware yang satu ini sangat berperan penting dalam sebuah PC, Rusak nya Power Supply atau bahkan Power Suppy mati total, di jamin PC anda 100% tidak akan dapat hidup. Pada Power Supply ATX ini berbeda dengan Power Supply dengan jenis AT yang dulu, Power Supply ATX ini ketika kita
menghidupkan nya, ia tidak langsung menghubungkan tegangan PLN 220VAC melalui sebuah saklar, tetapi cukup dengan menekan tombol Power yang terhubung ke mainboard.

Power Supply ATX ini dapat dengan mudah kita bongkar, Lalu bagaimana cara menghidupkan Power Supply ini tanpa terhubung lewat Mainboard.

Disini saya akan kasih sedikit tips, tentang Cara Mengecek PSU (PowerSupply) ATX Tanpa Terhubung Ke Mainboard . berikut ini langkah – langkah nya :

- Yang pertama, siapkan Power Supplt yang ingin di cek
- Kedua, Siapkan kabel jumper untuk menghubungkan Pin Socket
- Ketiga, Sambungkan Kabel Power ke listrik
- Keempat, Ambil Socket Power Supplt ATX yang memiliki 20 pin
- Kelima, Cari Kabel berwarna Hijau (PS On), dan untuk menghidupkan nya, hubungkan pin kabel berwarna hijau tadi dengan jumper ke pin kabel berwarna hitan (Ground)
- Yang terakhir, perhatikan pada bagian Kipas Power Supply, jika berputar dengan Normal berarti Power Supply dalam keadaan baik.

Perhatikan contoh gambar di bawah ini:

Cara di atas, hanya dapat mendeteksi hidup atau ngga nya sebuah Power Supply, tapi belum tentu Power Supply itu benar – benar sehat, bisa saja ketika di sambungkan ke mainboard menjadi Down sehingga tidak dapat berfungsi. jika masih kurang yakin coba pasang Power Supply ATX kamu ke PC lain, Jika di PC lain hidup tetapi di PC kamu mati total berarti kemungkinan hardware lain di PC kamu ada yang rusak seperti mainboard. Mungkin di postingan berikut nya saya akan share cara mendeteksi kerusakan pada mainboard.
Share on Google Plus

About Arwan Triwidianto

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments: